Thu. Apr 18th, 2019

Step by step Membuat Vektor EPS 10 untuk Microstock

Sebagai kontributor disalah satu agency microstock step step ini harus dipahami dan diikuti. Karena sebagian besar agency memberian persyaratan vektor yang diupload adalah vektor format EPS versi 8 atau 10.

EPS (Encapsulated PostSript) adalah jenis atau tipe format vekor yang dapat dibuka disemua software yang berbasis vektor. Software tersebut yaitu Adobe Illustrator, CorelDRAW, Inkscape dll. Agency menentukan format tersebut karena bisa digunakan oleh pengguna software lain. Perbedaan antara file EPS 8 dan EPS 10 adalah, EPS 8 tidak support dengan warna gradient jika disave gradient tersebut akan menjadi bitmap atau raster. Jika EPS 10 fiturnya lebih lengkap yaitu support gradient, jadi saya sarankan temen temen menggunakan EPS versi 10.

Yang diperlukan untuk mengupload di microstock adalah file EPS 8/10 dan JPG sebagai preview. Isi file EPS dan JPG ini harus sama dan disave dengan nama yang sama. Cara save sangatlah mudah, disarankan menggunakan software Adobe Illustrator yang lebih mudah. Namun, jika temen-temen belum mengetahui step by step nya silahkan ikuti cara membuat vektor eps 8 dan eps 10 ini :

    1. Buka software Adobe Illustrator. Buat dokumen baru, lalu atur ukuran artboard nya. Saya biasanya menggunakan 500px x 300px atau jika disave ukuran file menjadi besar bisa dikecilkan sampai 50px. 
    2. Setelah itu Klik Create
    3. Setelah desain yang dibuat selesai. Pastikan vektor yang dibuat tidak ada effect tambahan dan object menjadi bitmap. Temen temen bisa mengeceknya dengan plugin tambahan yaitu Vector Inspector Pro. Bisa dibaca di artikel sebelumnya tentang “Tips dan Trik Membuat Vektor Yang Diterima diAgency Microstock”
    4. Kemudian save dengan format EPS

  1. Pilih versi Illustrator EPS 10. Jika ada icon error biarkan saja, itu tidak akan mempengaruhi vektor yang kita save.
  2. Akan muncul peringatan “Saving this document in an older format may convert all type to point type and may disable some editing features when the document is read back in. Do you want continue?” Pilih OK, jika tidak ingin pesan ini tampil lagi centang “Don’t Show Again”. 
  3. Export hasil desain dengan pilih “Save for Web (Legacy)” dengan cara ini kita bisa mengatur ukuran gambar.
  4. Atur ukuran gambar jpg, minimal 4000px.
  5. Hasil akhir nya akan ada 2 file yaitu EPS 10 dan JPG. Maksimal file EPS untuk Shutterstock adalah 15MB jadi jika file terlalu besar caranya adalah dengan mengecilkan ukuran artboard nya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *