Thu. Apr 18th, 2019

Membuat Effect Drop Shadow yang diterima Shutterstock dengan Adobe Illustrator

Efek Drop Shadow mungkin sangat diperlukan untuk mempercantik vektor yang kita buat. Namun, temen temen yang belum tahu mungkin membuat Efek Drop Shadow menggunakan tools yang ada di menu Effect, Itu salah. Kenapa? Efek Drop Shadow yang dibuat dari menu Effect nantinya ketika disave ke EPS 10 akan menjadi bitmap dan jika diuplaod di Shutterstock pasti akan ditolak. Baca Cara membuat vektor EPS 10. Ada beberapa tips dan trik agar drop shadow yang kita buat isa diterima di Shutterstok. Caranya adalah menggunakan blend tool dan mesh tool.

Temen-temen pasti kesal karena vektor yang sudah dibuat dengan susah payah tetapi malah ditolak. Baca Cara membuat vektor yang diterima. Tapi temen-temen jangan putus asa, jadikan itu sebagai pelajaran, karena disetiap vektor yang ditolak pasti ada alasannya. Nah kita bisa belajar dari situ dan bagaimana caranya agar nantinya tidak ditolak lagi dengan membenahi desain vektor temen temen.

Langsung saja ke cara pembuatan Drop Shadow dengan Blend dan Mesh :

  1. Buat file baru, ukuran artboard bebas.
  2. Buat bentuk kotak untuk backgroundnya
  3. Tambahkan objek yang ingin diberi Drop Shadow, disini saya menggunakan huruf A. Jika menggunakan text, pastikan diexpand terlebih dahulu.
  4. Kemudian copy dan paste dua kali ditempat yang sama (CTRL + F). Tujuannya yang paling atas untuk objek nya dan dua dibawahnya sebagai shadownya.
  5. Hidden terlebih dahulu objek paling atas.
  6. 2 objek yang digunakan untuk shadow diatur menjadi : Atas warna hitam dan bawah warna putih.
  7. Geser objek warna putih kebawah dan ke kanan seperti ini.
  8. Pilih 2 objek tersebut dan pilih Make blend di menu Object > Blend > Make atau bisa mengguakan Shortcut (ALT + CTRL + B)
  9. Kemudian ganti transparancy menjadi multiply dan transparannya sesuai keinginan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *