Thu. Apr 18th, 2019

Daftar Microstock Terbaik Untuk Berjualan Foto dan Vektor

Hallo temen-temen Graphicxa, Apakah ada yang pernah denger apa itu microstock? Bagi temen-temen yang belum mengerti, Microstock adalah agency atau platform online yang menyediakan jutaan stok foto maupun vektor. Di Micostock ada dua macam jenis akun yang dapat temen-temen buat. Yang pertama Akun Buyer, didalam akun buyer kita dapat berlangganan dengan salah satu agency untuk bisa mengakses atau mengunduh stok foto maupun vektor. Kedua yaitu akun Kontributor, nah ini nih yang akan bahas secara lengkap di situs ini. Dalam akun Kontributor temen-temen bisa menjual karya baik foto, video, maupun desain vektor. Kita bisa menghasilkan uang dengan berjualan, kita akan dibayar per download. Di beberapa agency microstock harga per download bisa berbeda-beda dan juga tergantung buyer yang membeli lisensi pada karya kita.

Baik, kali ini saya akan membahas tentang beberapa agency Microstock yang paling bagus untuk berjualan foto maupun vektor menurut pengalaman saya. Mungkin ini akan berbeda dengan pengalaman temen-temen yang sudah terjun ke berbagai agency microstock.

  1. Shutterstock

Pasti temen-temen sudah pernah cari-cari gambar di Google tetapi gambar yang paling bagus pasti ada watermark Shutterstock, mungkin ada sebagian orang yang agak kesel jika harus ribet-ribet membayar untuk bisa mendapatkannya.

Langsung saja ke intinya, saya bergabung sebagai kontributor di Shutterstock sejak Mei 2017 ya kira-kira sudah hampir setengah tahun.

Adapun syarat untuk menjadi kontributor adalah :

  • Email
  • Identitas/KTP
  • Seleksi dengan 1 gambar saja, baik foto atau vektor
  • Min Payout $35

 

  1. Freepik

Freepik adalah agency penyedia vektor dan foto gratis tistisss terbesar daripada agency lainnya. Tidak hanya gratis tetapi ada juga yang premium/berbayar. Di beberapa percetakan sering juga mengunduh gambar dari Freepik sebagai bahan untuk mendesain. Sama halnya Shutterstock di Freepik temen-temen juga bisa menghasilkan uang dengan menjadi kontributor disana. Akan tetepi perlu diingat baik baik, menjadi koontributor Freepik tidaklah semudah Shutterstock. Seperti layaknya bumi dan langit, di Shutterstock sangat mudah sekali gambar kita diapprove berbeda dengan Freepik yang gambar atau item yang kita upload harus benar-benar berkualitas bagus. Selain itu jika item yang kita upload semuanya direject / ditolak akun kita bisa dibanned.

Berikut persyaratan untuk mendaftar :

  • Email
  • Paypal / Payoneer
  • Nomor KTP
  • 20 vektor/foto sebagai tes pertama upload
  • Min Payout untuk Paypal $100 sedangkan Payoneer $50

Belum mengerti cara daftarnya? Cek dan baca artikel saya sebelumnya tentang mendaftar kontributor Freepik dan cara upload vektor.

 

  1. Adobe Stock / Fotolia

Adobe Stock adalah agency yang juga ramai dan populer. Adobe Stock dan Fotolia itu sama ya temen-temen, dulu memang mereka berdiri sendiri tetapi sekarang Fotolia sudah diakui sisi oleh Adobe. Keuntungan yang bisa kita dapatkan bagi seorang kontributor adalah gambar yang kita upload di Adobe Stock juga akan otomatis ada di web Fotolia, jadi ada dua website sekaligus yang akan menampilkan gambar kita. Jadi kemungkinan penjualannya akan banyak.

Berikut persyaratan untuk mendaftar :

  • Email
  • Scan / Foto KTP
  • Vector EPS 10 + Jpg (min 4000px)
  • Jika akan mengupload file vektor harus di .zip terlebih dahulu

Menurut pengalaman di Adobe Stock ini saya sering mendapatkan $0.89 per download nya.

 

Mungkin ini dulu yang bisa saya bahas, waktu yang akan datang akan saya tambah lagi dengan agency microstock yang lain. Sekian pembahasan semoga bermanfaat.

Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *